TNI AL DUKUNG EVAKUASI KORBAN DI PALU DAN DONGGALA

Jakarta-Mercusuar,- Setelah sebelumnya TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Makasar-590 mendaratkan personel gabungan TNI dan Polri, hari ini TNI AL kembali melaksanakan pergerakan dengan membawa ribuan pengungsi dari Palu Sulawesi Tengah menuju Makasar, Sulawesi Selatan Rabu (3/10). Rencananya sekitar 1300 warga Palu akan diungsikan menuju Ibu Kota Sulawesi Selatan tersebut.

Selain itu, saat ini juga Kapal Rumah sakit TNI AL KRI dr. Soeharso-990 tengah melaksanakan lintas laut dari Benoa Bali menuju Sulawesi Tengah, dengan membawa Tim Kesehatan, dan direncanakan akan tiba di Palu pada 4 September 2018 besok.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud.,  TNI Angkatan Laut hingga hari ini terus mengerahkan unsur dan personelnya ke wilayah bencana di Sulawesi Tengah tersebut. “Sejak hari pertama terjadinya bencana di Palu, beberapa jam pasca bencana, TNI AL langsung mengerahkan prajuritnya menuju titik bencana, yang pertama kali dikerahkan yaitu unsur dan personel dari Lantamal VI Makasar”.

“Hingga hari ini TNI AL terus mengerahkan kekuatan secara bergelombang ke titik bencana, mengingat unsur dari TNI AL memang memiliki daya angkut logistik dan material dengan skala yang besar, selain itu juga ini merupakan perwujudan dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sekaligus merupakan aplikasi nyata dari latihan penanggulanagan bencana yang selama ini rutin dilaksanakan TNI AL”, ungkap Laksamana Pertama Gig Sipasulta.

Saat ini juga TNI AL dengan menggunakan unsur KRI Surabaya- 591 tengah melaksanakan embarkasi Personel dan Material dari Surabaya, dimana selanjutnya akan menuju Banjarmasin dan Balikpapan guna mengangkut prajurit Yonzipur-17 dan Denzipur-8 dari jajaran Kodam VI Mulawarman. (Ask)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *