SATGAS SAR TNI AL DINYATAKAN SELESAI, SEMENTARA BASARNAS TAMBAH 3 HARI

Jakarta – Mercusuar,- Tim Search and Resque (SAR) TNI AL yang dipimpin Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dinyatakan selesai, seiring dengan pernyataan resmi Kabasarnas  Marsekal Madya  TNI M. Syaugi, yang menyatakan bahwa operasi SAR terhadap pesawat Lion Air PK LQP yang jatuh di Perairan Tanjung Pakis Kerawang dinyatakan selesai  pada pukul 13.00 WIB, sementara khusus untuk Basarnas pelaksanaan SAR ditambah 3 hari lagi. Rabo,(7/11)

Sebelum dinyatakan selesai,  TIM SAR TNI AL sejak pagi hari sampai siang hari masih melaksanakan pencarian puing-puing pesawat dan korban dengan mengerahkan KRI Torani-860 yang melaksankan pengawasan dan pengamanan terhadap para penyelam yang melaksankan penyelaman di area jatuhnya pesawat. KRI Sikuda-863 melaksanakan pencarian permukaan terhadap puing pesawat dan KRI Rigel-933 yang melaksanakan deteksi bahwa air air utk bantu pencarian kemungkinan adanya black box CVR.

Sedangkan kegiatan yang dikerjakan para penyelam TNI AL yang terdiri dari Tim Kopaska, Tim Denjaka dan Taifib, Tim Dislambair  yakni  melaksanakan observasi dan penyelaman di area jatuhnya pesawat dan  bergabung dengan  para penyelam lainnya. Tim Denjaka dan Taifib melekat di TB Victory  berhasil menemukan  puing-puing pesawat  dan barang milik korban. Sementara itu, Tim Dislambair melaksanakan deteksi menggunakan Ping Locater untuk mendeteksi CVR tetapi hasil masih nihil.

Seusai dinyatakannya operasi SAR selesai oleh Kabasarnas seluruh unsur-unsur SAR TNI AL kembali ke Pangkalan dengan personel dan material dalam keadaan aman. (Ask)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *