PANGKALPINANG, MERCUSUAR.NET – Sejumlah perusahaan pers di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota bertekad bergandeng tangan membangun sebuah kesepakatan untuk dunia jurnalisme yang bermartabat.

“Kesepakatan ini muncul setelah melalui diskusi panjang tentang dunia pers saat ini yang semakin berkembang biak seperti jamur di musim hujan,”kata salah satu Penggagas Kerjasama Pers Cyber Media Network (CMN) Romlan usai menandatangi Kesepakatan Bersama dengan beberapa perusahaan Pers yang ada di Bangka Belitung pada Sabtu(3/12) malam di Hotel Santika,Pangkalpinang.

Pimpinan Media Kabar Bangka ini mengatakan awal kerjasama ini dilakukan atas dasar karena banyaknya kaidah pers yang kurang maksimal diterapkan oleh para pencari berita.

“Hal ini menjadi tantangan dan sekaligus peluang dalam meningkatkan profesionalisme para wartawan sehingga menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu dan bernilai,”kata dia.

Menurut Romlan walaupun baru terlaksana kesepakatan ini,dirinya optimis gerakan ini membawa perubahan besar dalam dunia jurnalisme.

“Intinya malam ini kawan semua kompak dengan apa yang disepakati bersama walaupun ada sedikit perbedaan namun semuanya berniat ke arah kebaikan,”kata dia.

Ia mengatakan dengan mengucapkan Bismillah kesepakatan yang ditandatangani ini dapat membawa angin segar di bidang jurnalisme daerah yang kami cintai ini.

“Perubahan ini harus segera dimulai dan harus dilaksanakan,kalau bukan saat ini kapan lagi,”kata dia.

Sementara itu salah satu Pendiri Cyber Media Network(CMN) Fachruddin Halim mengatakan saat ini sudah ada yang menerapakan kesepakatan antar media ini salah satunya di Kota Bandung.

“Jumlahnya juga sangat fantastis,ada sebanyak 700 lebih media tergabung dalam suatu kerjasama dan hasilnya juga sangat luar biasa,”kata dia.

Direktur Utama PT Suara Mahakarya Grup yang menaungi suarapos.com ini berharap apa yang telah terjadi malam ini membawa angin segar bagi pemerintah dan masyarakat daerah ini.

“Bayangkan anggota yang tergabung dalam Cyber Media Network ini berasal dari hampir semua kabupaten di Provinsi ini jadi berita yang keluar nanti akan tampil di semua Link berita anggota kita jadi hasil berita atau publikasi lebih tersiar secara maksimal,”kata dia.

Dirinya berharap dengan ditandatangani kesepakatan kerjasama ini membawa angin segar khususnya bagi anggota dan umumnya bagi masyarakat.

“Bayangkan kalau berita terjadi di Bangka Barat dan diekspos oleh teman kita yang berada di Bangka Selatan ini sangat luar biasa efeknya,semoga kerjasama ini membawa angin segar di bidang dunia jurnalisme,”harapnya.

Perlu diketahui sebanyak 18 pemilik media bergabung dalam Cyber Media Network ini diantaranya KABARBANGKA.COM,SUARAPOS.COM,SANGSURYABABEL.COM,SUARABANGKA.COM,BABELHEBAT.COM,MERCUSUAR.NET,BERITABANGKA,SUARA BAHANA,MEDIAQU,dan RADARBAHTERA.COM,serta PORTALDUTARADIO.COM,KABARBABELONLINE.COM.