TOBOALI,MERCUSUAR.NET,-Sebanyak 36 unit Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak – Kanak (TK) di Bangka Selatan mulai mengikuti acara pawai baris indah dan karnaval di daerah setempat pada,Selasa(20/8).

“Peserta dari 36 PAUD/TK di Bangka Selatan sebanyak 65 regu,”kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Elfan Rulyadi di Toboali,Selasa(20/8).

Disampaikannya pawai yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Taman Kanak – Kanak (TK) itu berjumlah 65 regu dari 36 PAUD/TK di Basel.

“Untuk jarak tempuh peserta tingkat PAUD/TK sederajat kurang lebih 1,86 Km, dengan rute di lalui mulai dari garis Star Lapangan Merdeka – Jalan Teuku Umar – Jalan A Yani – Jalan Jend Sudirman – Jalan Merdeka – Pantai Nek Aji Finish,” katanya.

Elfan mengatakan bahwa setelah peserta di tingkat PAUD/TK, akan disambut dengan peserta tingkat Sekolah Dasar (SD)/Sederajat dengan jumlah peserta 165 regu dari 83 SD di Basel.

“Untuk jarak tempuh peserta tingkat SD atau sederajat sepanjang 2,47 Km,”ujarnya.

Dirinya menyampaikan total keseluruan peserta dari tingkat PAUD dan SD, yang mengikuti gelaran kegiatan pawai Baris Indah dan Karnaval HUT ke-79 RI tersebut sebanyak 230 regu.

“Total peserta yang mengikuti kegiatan pawai Baris Indah dan Karnaval sebanyak 230 regu dari tingkat PAUD dan SD se-Basel,” kata dia.

Salah satu penonton pawai Baris berbaris Anita mengatakan sudah sejak dari pagi menunggu pawai berbasis Indah dan Karnaval ini dilokasi dekat panggung kehormatan.

“Inikan acara HUT Kemerdekaan RI Ke-79,jadi terasa ingat kembali perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah untuk merebut kemerdekaan ini,”kata dia.(Tim Mr).