TOBOALI,MERCUSUAR.NET,-Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Selatan Muklis Insan mengatakan siap mengikuti seleksi Paralegal Justice yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada 28 Mei hingga 1 Juni 2024 nanti.

“Alhamdulillah,saya bersama Kepala Desa Nangka Kecamatan Air Gegas Bayumi berhasil lolos seleksi tingkat Nasional setelah mendapatkan penghargaan Paralegal Justice Award(PJA) dari Kanwil Kemenkumham Kepulauan Babel beberapa waktu lalu,”kata Muklis Insan kepada wartawan di Toboali,Rabu(15/5).

Disampaikannya beberapa hal sudah disiapkan untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional itu agar kembali mendapatkan penghargaan pada tingkat Nasional.

“Memang untuk mendapatkan itu tidak mudah namun saya optimis dan akan siap bersaing dengan para peserta dari daerah luar,”katanya.

Menurut Muklis berdasarkan hasil penilaian Panitia Seleksi Paralegal Justice Award 2024, diperoleh sejumlah 300 dari 1.067 jumlah pendaftar dari seluruh wilayah di Indonesia yang dinyatakan lulus tahapan seleksi daerah untuk dapat mengikuti Paralegal Justice Award 2024 Tingkat Nasional ini.

“Penghargaan PJA ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala desa dan lurah yang bertindak sebagai juru damai desa atau non-litigation peacemaker (NLP),”kata dia.

Dirinya menjelaskan para kepala desa yang mendukung pariwisata, tenaga kerja dan investasi di daerahnya akan diberikan penghargaan Anubhawa Sasana Jagadhita (ASJ).

“Bersama dengan perangkat desa kami sepakat untuk memajukan desa kami dengan berbagai kegiatan dan program kerja yang menjurus pada kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Dirinya berharap diberikan kesehatan dan kesempatan dalam mengikuti seleksi nasional nanti sehingga bisa mengharumkan nama daerah ini.

“Semoga seleksi nanti membuahkan hasil yang maksimal sehingga menghasilkan program kerja yang sesuai dengan harapan masyarakat kita bersama,”harapnya.(Jo).